Unsur
- unsur Kerangka Laporan Ilmiah
Kerangka Laporan ilmiah umumnya terdiri
dari unsur - unsur sebagai berikut :
- Halaman
Judul
Biasanya terdiri dari 3
atau 4 bagian yang disusun dari atas kebawah sebagai berikut :
1. Judul
laporan terdiri terutama subjek, atau didahului dengan ' Laporan tentang' , 'Laporan
Kemajuan tentang','Laporan Tahunan tentang','Penelitian tentang' dan
sebagainya. Judul laporan berbeda dari judul buku.
2. Nama
dan identitas penerima laporan
Unsur
ini tidak selalu ditulis. Jika ditulis, maka sebelumnya didahului dengan
kata-kata 'Diserahkan kepada'. Jika penerima laporan memiliki kedudukan resmi,
tulislah kedudukan itu.
3. Nama
dan identitas penulis
Sebelum
nama penulis biasanya didahului dengan perkataan 'Oleh' dan diikuti oleh gelar.
4. Tempat
dan tanggal
Manfaat penyusunan laporan adalah berikut:
- Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca
yang efektif;
- Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari
berbagai sumber;
- Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan;
- Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara
jelas dan sistematis;
- Memperoleh kepuasan intelektual;
- Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan;
- Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk
penelitian selanjutnya
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah
Pertanyaan :
- Yang tidak
termasuk ke dalam unsur-unsur kerangka laporan ilmiah adalah....
a. Judul
b. Nama
dan identitas penerima laporan
c. Nama
dan identitas penulis
d.
Isi
laporan*
- Unsur yang
tidak selalu ditulis pada kerangka laporan adalah....
a. Tempat
dan tanggal
b.
Nama
dan identitas penerima laporan*
c. Judul
d. Nama
dan identitas penulis
- Unsur dari
kerangka laporan yang biasanya didahului dengan ‘oleh’ dan diikuti oleh
gelar adalah...
a.
Nama
dan identitas penulis*
b. Nama
dan identitas penerima
c. Tempat
dan tanggal
d. Judul
- Melatih dan
mengembangkan keterampilan membaca adalah salah satu....laporan
a.
Tujuan c. Manfaat*
b.
Batasan d. Kerangka
5.
Yang tidak termasuk kedalam manfaat
laporan adalah...
a.
Melatih untuk mengembangkan keterampilan
membaca yang efektif;
b.
Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan
dari berbagai sumber;
c. Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan;
d.
Melatih kejujuran*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar