Pada tulisan
saya kali ini saya akan membahas tentang “Peluang Pasar”. Pengertian peluang
pasar menurut Kotler (1997:72) adalah sebagai berikut: Peluang pasar adalah
suatu bidang kebutuhan pembeli dimana perusahaan dapat beroperasi secara
menguntungkan. Sedangkan Pearce dan Robinson (2000-230) memberikan
pengertian peluang pasar: Pasar adalah situasi penting yang paling
menguntungkan dalam lingkungan perusahaan.
Analisa peluang pasar merupakan
proses riset terhadap faktor-faktor lingkungan ekstern yang mempengaruhi
kegiatan usaha perusahaan tersebut. Lingkungan ekstern merupakan kekuatan yang
tidak dapat dikendalikan, sehingga perusahaan harus menyesuaikan diri, dan juga
menghasilkan ancaman dan peluang. Perusahaan harus berhati-hati dalam
menganalisis lingkungannya sehingga dapat menghindari ancaman dan mengambil
manfaat dari peluang.
Membaca peluang pasar merupakan hal yang
esensial yang wajib hukumnya bagi seorang entrepreneur. Membaca peluang pasar
tidak hanya dilakukan untuk bagi seorang entrepreneur yang ingin memulai
usahanya, namun membaca peluang pasar menurut pandangan saya sendiri adalah
sebagai pondasi saat kita bergelut di dunia bisnis. Karena kelihaian kita dalam
membaca peluang pasar tidak hanya dilakukan untuk memulai suatu usaha, namun keahlian
dalam membaca peluang usaha ini juga harus dimiliki kita kita ingin
mengembangkan usaha kita (dalam hal ini barang/jasa yang kita tawarkan kepada
konsumen) , melakukan segmentasi pasar, maupun pada saat melakukan perluasan
usaha (pembukaan cabang). Namun seringkali, kemampuan membaca peluang pasar ini
seringkali tidak pas sasaran, sehingga apa yang telah menjadi ekspektasi pada
saat kita memulai usaha seringkali tidak tercapai.
Melihat peluang pasar saya
analogikan seperti seorang anak kecil yang mulai untuk mempelajari hal yang
baru. Sebelum ia bisa untuk belajar membaca, hal yang pertama kali ia lakukan
adalah melihat. Dalam konteks membaca peluang pasar, maksud dari melihat disini
adalah kita melihat apa yang menjadi masalah dari fenomena-fenomena yang ada di
sekitar kita dan siapa yang mengalami masalah tersebut, yang kemudian
kita cari celah agar kita dapat menembus peluang di dalam celah-celah kecil
tersebut.
Ketelitian dalam hal melihat masalah
dan membaca peluang disini sangatlah diperlukan, karena semakin kita teliti
melihat peluang dan semakin tipis selisih dari besarnya masalah yang terjadi
dengan kemampuan kita untuk menutup atau mengatasi masalah tersebut akan
menentukan kesuksesan dalam membaca peluang pasar.
Cara memanfaatkan peluang usaha :
1. Melakukan Riset Pasar : Ya, kita perlu akan
data2 mengenai pasar produk yang akan menjadi unggulan. agar produk kita bisa
diterima oleh orang lain, selain itu perlunya data2 mengenai tingkat persaingan
pasar, kompetisi harga, karakteristik konsumen dll, hal ini agar kita bisa
memprediksikan mengenai usaha kita
apakah akan mampu bertahan atau tidak.
2. Mempersiapkan dan menyusun rencana (market plan), mencakup target pasar produk,
target pendapatan perbulan,, biaya operasional dll.
3. Patuh terhadap aturan, dengan kata lain tidak
melanggar aturan dari pemerintah setempat,atau melanggar norma2 yang berlaku
dimasyarakat, misalnya membuaka usaha minuman keras dll.
4. Strategi Pemasaran yang tepat sasaran.
5. Jika ke empat poin dasar diatas sudah kita
lakukan, maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya. Anda harus berani
memulai wirausaha atas ide-ide anda
sehingga anda akan tahu peluang usaha yang sedang dijalankan adalah peluang
usaha yang benar-benar bagus. Jangan takut untuk memulai usaha..