viewers

Minggu, 26 Oktober 2014

Pembagian Divisi PT.TELKOM dan Andilnya dalam CSR (Corporate Social Responsibility)

A.     Wilayah- wilayah Divisi Regional TELKOM

Dalam pembagian divisi regional TELKOM dibagi menjadi tujuh wilayah, dan berikut ini adalah pembagian wilayah- wilayah tersebut:
1.      Divisi Regional I Sumatera
2.      Divisi Regional II Jakarta dan sekitarnya
3.      Divisi Regional III Jawa Barat
4.      Divisi Regional IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
5.      Divisi Regional V Jawa Timur
6.      Divisi Regional VI Kalimantan
7.    Divisi Regional VII kawasan Timur yang meliputi: Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Timor- Timur, Maluku dan Irian Jaya.

Divisi-divisi tersebut dikelola oleh suatu tim manajemen yang terpisah berdasarkan prinsip desentralisasi serta bertindak sebagai pusat investasi ( Divisi Regional) dan pusat keuntungan ( Divisi Network dan divisi lain) serta mempunyai laporan keuangan internal yang terpisah. Beralihnya kebijakan sentralisasi ke kebijakan dekonsentralisasi dan desentralisasi kewenangan, maka struktur dan fungsi kantor pusat juga mengalami perubahan. Berdasarkan organisasi divisional ini, maka kantor pusat dubah menjadi pusat investasi disederhanakan menjadi jumlah sumber daya manusia kantor perusahaan juga menjadi sedikit.

B.      Struktur Organisasi TELKOM

Struktur organisasi TELKOM terdiri dari Corporate Office Group, yang terdiri dari Direktorat Human Capital & General Affairs, Direktorat Keuangan, Direktorat Information Technology & Supply, Direktorat Compliance & Risk Management, Unit Strategic Investment & Corporate Planning, Internal Audit Department, Corporate Affairs dan Corporate Communications Department. Sementara itu, Business Operations Group terdiri dari Direktorat Konsumer, Direktorat Enterprises & Wholesale dan Direktorat Network & Solution.
Direktorat Keuangan memfokuskan pada pengelolaan keuangan Perusahaan, mengelola operasi keuangan secara terpusat. Tugas ini dibebankan kepada Unit Finance Center. Direktorat Human Capital & General Affairs memfokuskan pada manajemen sumber daya manusia Perusahaan, mengelola fungsi dan operasional sumber daya manusia secara terpusat melalui Unit Human Resources Center.
Direktorat IT, di bawah Chief Information Officer (CIO), terfokus pada manajemen TI perusahaan serta supply management dan Information Service Center dan Supply Center. Kemudian Direktorat Compliance & Risk Management terfokus pada kepatuhan, manajemen hukum dan risiko manajemen Perusahaan.
Sementara itu, Direktorat Network & Solution terfokus pada pengembangan infrastruktur dan manajemen jasa selain itu mengarahkan operasional Divisi Infrastruktur Telekomunikasi, Divisi Multimedia, Divisi TELKOM Flexi, Research and Development Center dan Maintenance Service Center. Direktorat Konsumer terfokus pada pengelolaan pelayanan bagi segmen pasar ritel serta pengelolaan tujuh divisi regional.
Sementara itu, Direktorat Enterprise & Wholesale terfokus pada pengelolaan jalur pelayanan bagi segmen pasar enterprise & wholesale serta pengelolaan Divisi Enterprise Service dan Divisi Carrier & Interconnection Service.
Agar tercapai sinergi antara XYZ dengan anak-anak perusahaannya, pada bulan April 2009, beberapa posisi strategis dibentuk. Posisi tersebut adalah Senior Vice President (SVP) yang langsung melapor dan bertanggung jawab kepada Direktur Utama TELKOM. Direktur Utama anak perusahaan tertentu secara bersamaan ditunjuk sebagai SVP yang terkait dengan sektor industri: seluler, IT & adjacent, dan bisnis internasional sebagai portofolio Perusahaan.


 C.      Pengelolaan dan Strategi TELKOM CSR

STRATEGI CSR TELKOM
Strategi dan kebijakan TELKOM CSR terintegrasi dalam satu Keputusan Direksi No. 41/PR000/SDM-20/2006. Keputusan ini menjadi landasan bagi pengelolaan CSR di TELKOM, yang memastikan bahwa implementasinya sejalan dengan visi dan misi perusahaan dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas pasal 74 Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, dan konsisten dengan normanorma yang berlaku di masyarakat.
Kebijakan strategi jangka panjang dan pengelolaan untuk TELKOM CSR telah ditetapkan dalam Skenario Strategi Korporasi dan juga telah dijelaskan dalam bentuk rencana tahunan di dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKA), yang kemudian dijelaskan lebih lanjut di dalam Kontrak Pengelolaan untuk setiap kantor perusahaan, unit usaha, anak perusahaan dan perusahaan afiliasi.
Triple Bottom Line
Dukungan dari CSR TELKOM
Ekonomi

a.     Menambah nilai bagi para stakeholder (pelanggan, pemasok, pemegang saham, pemerintah, karyawan) dan mendukung pertumbuhan ekonomi bagi usaha kecil dengan:
·         meningkatkan kualitas hidup para karyawan;
·         memelihara kesetiaan dan kepercayaan pelanggan, pemasok dan investor;
·         memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku; dan
·         menyediakan modal kerja dan pinjaman untuk investasi serta informasi untuk usaha kecil.
b.     Mengambil peran aktif dalam menyediakan fasilitas telekomunikasi dan infrastruktur bagi masyarakat, terutama di daerah yang masih belum berkembang, dengan menyediakan fasilitas dan infrastruktur guna memudahkan akses untuk mendapatkan informasi.
Sosial
a.     Mendukung peningkatan dari pendidikan masyarakat dengan menyediakan fasilitas dan ilmu terkait dengan pendidikan teknologi InfoComm. 
b.     Mendukung perbaikan kesehatan masyarakat dengan menyediakan fasilitas kesehatan, infrastruktur dan informasi kepada semua orang. 
c.     Mendukung perlindungan kebudayaan dan peradaban nasional dengan menyediakan fasilitas untukacara kebudayaan dan membangun/memperkuat karakter.
Lingkungan
a.     Mengambil peran aktif dalam memelihara lingkungan dengan menyediakan bantuan dalam penghijauan kembali dan menciptakan jalur hijau.
b.     Mengambil peran aktif dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan bencana alam dengan menyediakan pertolongan bagi korban bencana.

Manajemen TELKOM CSR
ORGANISASI TELKOM CSR




TELKOM’s CSR Roadmap 2009-2011

KEBIJAKAN
Strategi dan kebijakan TELKOM CSR telah digabungkan kedalam satu keputusan Direksi. Keputusan ini merupakan landasan bagi manejemen TELKOM CSR untuk memastikan bahwa implementasi sejalan dengan visi dan misi perusahaan, mematuhi ketentuan legislatif dan konsisten dengan norma-norma masyarakat yang berlaku. Strategi jangka panjang dan kebijakan manajemen dari TELKOM CSR ditetapkan dalam Skenario Strategi Perusahaan (SSP).

IMPLEMENTASI
Penerapan CSR TELKOM meliputi berikut ini:
  1. menciptakan masyarakat yang lebih pintar melalui pendidikan teknologi InfoComm;
  2. meningkatkan kualitas hidup masyarakat;
  3. memelihara keseimbangan lingkungan;
  4. sesuai dengan Keputusan Direksi No.41/PR000/SDM-20/2006 bahwa TELKOM tidak berfafiliasi pada satu satu golongan atau partai politik tertentu; dan (HR5).
  5. memelihara reputasi baik perusahaan.
Ketersediaan sumber dana, perencanaan yang baik, pemantauan dan evaluasi dari setiap implementasi dalam memastikan suksesnya penerapan dari CSR.

KINERJA
Kinerja CSR TELKOM sangat penting dalam mencerminkan kinerja Perusahaan secara keseluruhan, termasuk laba yang didapat, kepuasan pelanggan dan kepuasan karyawan.


KOMUNIKASI
Secara berkala, TELKOM menerbi tkan Laporan Keberlanjutannya dengan menggunakannya sebagai sebuah landasan dan sebagai jalur komunikasi agar dapat turut melibatkan stakeholder pada hal-hal yang penting. Secara berkala, TELKOM menerbitkan Laporan Keberlanjutannya dengan menggunakannya sebagai sebuah landasan dan sebagai jalur komunikasi agar dapat turut melibatkan stakeholder pada hal-hal yang penting.



Sumber :
www.telkom.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar