viewers

Kamis, 10 November 2011

Manusia dan Tanggung Jawab

Kita sering kali sulit memahami dan menjelaskan apa pengertian dari tanggung jawab, namun pada tulisan saya kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan apa sebenarnya tanggung jawab itu. Menurut kamus besar bahasa Indonesia tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya, memberikan jawab dan menanggung segala sesuatu apapun itu akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia atas tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yg tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.
        
Macam-macam tanggung jawab terbagi menjadi 4, yaitu :
1.      Tanggung jawab terhadap diri sendiri
2.     Tanggung jawab terhadap keluarga
3.      Tanggung jawab terhadap masyarakat
4.     Tanggung jawab terhadap bangsa/negara

         Wujud dari tanggung jawab itu sendiri berupa Pengabdian dan Pengorbanan, kedua hal tersebut merupakan perbuatan baik bagi kepentingan manusia itu sendiri dan juga baik untuk kepentingan orang disekitarnya.
        
         Pengabdian adalah perbuatan baik yg berupa pikiran, pendapat, ataupun tenaga sebagai wujud rasa cinta kasih, kesetiaan ataupun rasa hormat yg dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab. Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta benda, pikiran, perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya. Pengabdian lenih banyak menunjuk kepada perbuatan, sdangkan pengorbanan lebih mengarah kepada pemberian sesuatu. Dalam pengabdian selalu dituntut pengorbanan, tetapi pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar