viewers

Jumat, 28 Oktober 2011

Manusia dan Pandangan Hidup

Pandangan hidup itu bersifat kodrati yang mempunyai arti pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Setiap manusia yg hidup di dunia pastilah memiliki pandangan hidup, baik itu dalam bidang religius, politik ataupun yang lainnya.

1.  Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan yang mutlak kebenarannya.
2.   Pandangan hidup ideologi adalah disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada Negara tersebut.
3.      Ideologi. Sekumpulam ide,gagasan,keyakinan dan kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis. Pedoman yang dipakai oleh seluruh kelompok sebagai dasar cita-cita,nilai dasar dan keyakinan yang dijunjung tinggi
4.   Cita – Cita. suatu impian dan harapan seorang akan masa depannya bagi sebagian orang cita-cita itu adalah tujuan hidupnya maka cita-cita adalah sebuah impian yang dapat membakar semangat untuk terus melangkah maju kedepan .
5.   Kebijakan. Suatu upaya atau tindakan untuk mempengaruhi system pencapaian tujuan yang diinginkaan upaya dan tindakan dimaksud bersifat strategis yaitu berjangka panjang dan menyeluruh .

Sebagai manusia haruslah kita memiliki pandangan hidup yang baik, akan tetapi semua itu ada langkah-langkahnya, langkah-langkah agar kita dapat berpandangan hidup dengan baik adalah :
-         Mengerti
-         Mengetahui mana yg benar dan mana yg salah
-         Meyakini
                       -    Mengabdi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar