viewers

Minggu, 24 November 2013

SIKAP DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP RESTORAN SAGOO KITCHEN

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar belakang
            Peningkatan terhadap jumlah penduduk Indonesia berdampak pada peningkatan jumlah konsumsi masyarakat Indonesia, khususnya terhadap pangan. Besarnya kebutuhan masyarakat terhadap pangan mendorong peningkatan usaha di bidang pangan. Perubahan gaya hidup yang membawa pergeseran dalam kehidupan social ekonomi masyarakat juga merupakan salah satu penyebab dari peningkatan usaha di bidang pangan. Dampak perubahan gaya hidup terlihat dari adanya perubahan pola konsumsi masyarakat terhadap makanan. Aktivitas masyarakat perkotaan yang padat menyebabkan mereka tidak mempunyai banyak waktu untuk menyiapkan makanan di rumah sehingga menimbulkan suatu kebiasaan baru yaitu makan di luar rumah yang dianggap lebih praktis. Perubahan gaya hidup menyebabkan masyarakat semakin menginginkan nilai lebih dari sekedar makan sebagai pemuas kebutuhan fisiologis. Gaya hidup pula yang telah membawa masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki brand image yang ditawarkan di tempat dan suasana berbeda yang jarang ditemukan bila makanan ini dinikmati di rumah. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan terhadap jasa penyedia makanan yang biasanya disebut sebagai restoran atau rumah makan. Restoran adalah salah satu usaha di bidang pengolahan pangan. Restoran merupakan suatu tempat atau bangunan yang diorganisir secara komersial untuk menyelenggarakan jasa pelayanan dengan baik kepada pelanggan, baik dengan menyediakan makanan maupun minuman.
Restoran Sagoo Kitchen adalah salah satu dari sekian banyak restoran yang ada di Kota Besar. Sebagai usaha yang masih tergolong baru, restoran ini harus dapat melihat kondisi pasar dengan baik dan dapat menerapkan strategi yang tepat dalam menjalankan bisnisnya, khususnya dalam menarik konsumen. Untuk merumuskan strategi pemasaran dapat dilakukan dengan menganalisis bauran pemasaran melalui analisis perilaku konsumen. Dengan menganalisis perilaku konsumen maka pihak restoran dapat mengetahui karakteristik konsumennya, proses keputusan pembelian serta tingkat kepuasan konsumen terhadap produk dan jasa pada Restoran Sagoo Kitchen.


1.2 Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah:
1.      Mengetahui karakteristik konsumen Restoran Sagoo Kitchen.
2.      Mengidentifikasi proses keputusan pembelian konsumen Restoran SagooKitchen.
3.      Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut Restoran SagooKitchen.
4.      Merumuskan alternatif kebijakan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan perilaku konsumen Restoran Sagoo Kitchen.

1.3 Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi:
1.      Pihak Restoran Sagoo Kitchen sebagai salah satu bahan pertimbangan pengambilan keputusan dalam upaya meningkatkan mutu produk dan pelayanan agar dapat bersaing dengan restoran lainnya.
2.      Penyusun, dapat memberikan wawasan, pengalaman dan informasi baru sekaligus sebagai wadah untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang didapatkan di perkuliahan.
3.      Kalangan akademis, sebagai referensi atau sumber informasi untuk penelitian lebih lanjut mengenai industri penyedia jasa makanan terutama restoran.


 BAB II
PEMBAHASAN

Restoran Sagoo Kitchen merupakan restoran yang menyajikan berbagai hidangan masakan perpaduan dari dua etnis yang berbeda yaitu Cina dan Jawa Indonesia. Restoran ini merupakan restoran keluarga yang berkembang dari generasi ke generasi. Dengan konsep yang unik dan sangat berbeda dari restoranrestoran lain, Restoran Sagoo Kitchen menarik konsumen untuk datang dan melakukan pembelian di restoran ini.

2.1 Tabel Atribut Restoran Sagoo Kitchen
 Atribut Restoran Sagoo Kitchen
Bauran Pemasaran
Atribut

Produk (Product)
Cita rasa makanan dan minuman

Porsi makanan

Aroma makanan

Kehigienisan makanan dan perlengkapan
makan
Harga (Price)
Harga makanan dan minuman
Orang (People)
Kesigapan pramusaji

Keramahan dan kesopanan pramusaji

Penampilan pramusaji

Pengetahuan pramusaji terhadap produk
Tempat (Place)
Kemudahan dalam menjangkau lokasi
Proses (Process)
Kecepatan penyajian

Kecepatan transaksi

Kesigapan pihak restoran dalam merespon keluhan konsumen
Bukti fisik (Physical evidence)
Kebersihan ruangan restoran

Kenyamanan restoran

Penataan eksterior dan interior restoran
Penerangan restoran

Pemutaran alunan musik
Promosi (Promotion)
Iklan dan promosi

Papan nama

Restoran Sagoo Kitchen untuk dapat mempertahankan kinerja atribut-atribut tersebut. Atribut-atribut yang perlu dipertahankan kinerjanya adalah sebagai berikut:
1.      Kehigienisan makanan dan perlengkapan makan
Kinerja yang telah dilakukan oleh Restoran Sagoo Kitchen dalam hal kehigienisan dilihat dari makanan yang disajikanyang bersih atau bebas dari kotoran begitu pula dengan perlengkapan makanyang digunakan, dimana sebelum makanan dihidangkan kepada konsumen dilakukan pengecekan terhadap makanan oleh waiter.

2.      Keragaman menu
Pada Restoran Sagoo Kitchen memiliki berbagai variasi pilihan mulai dari makanan utama sampai makanan selingan serta tersedia juga berbagai jenis minuman.

3.      Keramahan dan kesopanan pramusaji            
Keramahan dan kesopanan pramusaji Restoran Sagoo Kitchen  adalah bagaimana pramusaji menujukan sikap yang ditunjukkan pramusaji seperti bersikap ramah, senyum dan komunikatif dengan tutur kata yang baik kepada pengunjung dapat membuat konsumen merasa senang dan dihormati.

4.      Kemudahan dalam menjangkau lokasi
Lokasi merupakan letak tempat dari keberadaan Restoran SagooKitchen. Lokasi menjadi tempat yang dituju konsumen saat ingin melakukan pembelian di Restoran Sagoo Kitchen. Aspek yang diperhatikan pada variable ini adalah kemudahan lokasi dijangkau dari seluruh pintu masuk Mall dan kemudahan lokasi untuk dilihat keberadaannya.


5.      Kesigapan pihak restoran dalam merespon keluhan pelanggan
Restoran Sagoo Kitchen sudah dinilai baik oleh konsumen dalam merespon berbagai keluhan salah satu contohnya yaitu bila konsumen mendapatkan menu yang tidak sesuai dengan pesanannya, pihak restoran dengan cepat mengganti menu tersebut sesuai dengan pesanan.

6.      Kebersihan ruangan restoran
Sagoo Kitchen telah melakukan kinerjanya dengan baik untuk atribut kebersihan ruangan restoran ini. Hal ini tidak terlepas dari usaha pihak restoran dalam menjaga kebersihan ruangan dengan melakukan bersih-bersih (menyapu, mengepel, dan mengelap perabotan) setiap hari sebelum jam buka dan melakukan general cleaning (kegiatan membersihkan ruangan makan hingga dapur, berbagai peralatan serta perabotan) sebanyak satu kali dalam sebulan.

7.      Kenyamanan restoran
Kenyamanan restoran yang dimaksud adalah suasana yang ditimbulkan restoran sehingga pelanggan merasa nyaman dalam melakukan pembelian. Konsumen menilai baik dari kenyamanan yang ada di Restoran Sagoo Kitchen, yang dilihat dari penerangan ruangan yang sudah tepat, adanya pendingin ruangan, ukuran ruangan yang cukup luas dan diputarnya alunan musik tradisional Indonesia dan Cina yang sesuai dengan konsep restoran. konsep tempo dulu secara matang dengan menghadirkan berbagai perabotan tempo dulu yang sudah sangat sulit ditemukan pada jaman modern ini.

8.      Tampilan penyajian makanan dan minuman
Restoran Sagoo Kitchen disajikan tertata dengan manis, kerapihan penataannya hingga hiasan atau garnish yang digunakan sehingga dapat menggugah selera konsumen untuk menyantapnya, perlengkapan makan yang digunakan yaitu piring dan gelas juga memiliki desain tempo dulu yang unik

9.      Kecepatan penyajian
Kecepatan Restoran Sagoo Kitchen untuk memenuhi pesanan yang diinginkan konsumen menjadi sangat penting bagi konsumen karena kondisi konsumen yang sedang lapar dan keinginan mereka untuk segera menyantap hidangan yang dipesan. Konsumen menilai hidangan yang dipesan, diantar ke meja dalam waktu yang cukup cepat.

10.  Kecepatan transaksi
Kecepatan transaksi yaitu kecepatan pramusaji dalam melayani pembayaran konsumen. Kinerja restoran dalam melayani transaksi pembayaran dinilai baik oleh konsumen, karena transaksi pembayaran dilakukan dengan cepat dan tidak membuat konsumen menunggu terlalu lama. Hal ini dikarenakan pihak restoran sudah mempersiapkan berbagai nominal pecahan uang untuk uang yang harus dikembalikan dari pembayaran konsumen.

2.2 Bauran Pemasaran
Restoran Sagoo Kitchen merupakan usaha yang termasuk dalam bidang jasa sehingga dalam bauran pemasaran, digolongkan ke dalam tujuh bauran, yaitu:

1.      Produk (product)
Produk yang dimiliki oleh Restoran Sagoo Kitchen adalah berbagai menu masakan perpaduan Jawa-Cina, makanan pelengkap dan berbagai minuman es.
·         Untuk menu masakan Jawa-Cina, restoran ini menawarkan berbagai makanan seperti nasi goreng sagoo, nasi goreng roewet, babat gongso, asem-asem daging sapi ala sagoo, bistik sapi djawa, mie/bihun djawa, ayam goreng wangi, nasi lengko tjerbon, krengseng daging sapi, bihun goreng rawit sagoo dan lain sebagainya.
·         Untuk makanan pelengkap, restoran Sagoo Kitchen menawarkan berbagai makanan sebagai pelengkap dari makanan utama seperti tahu pong gimbal telor, kroepoek bandjoer, lunpia brontak, rodjak tjakweh dan lain sebagainya.
·         Untuk minuman es, restoran ini memiliki minuman es yang banyak diminati oleh konsumen yaitu es kacang singapur, es campur malaka, teh tarik, the poci gula batu, es kacang brunette, minuman botol cap badak, dan lain sebagainya.
·         Selain produk makanan, restoran ini juga menjual berbagai barang dan kerajinan tangan tempo dulu, seperti berbagai makanan ringan tempo dulu, perlengkapan makan seperti teko, piring dan gelas yang terbuat dari kaleng serta berbagai permainan tempo dulu seperti gangsing, congklak dan lain sebagainya.
2.      Harga (price)
Restoran Sagoo Kitchen ditujukan kepada konsumen yang tergolong ke dalam konsumen menengah ke atas. Penetapan harga disesuaikan dengan biaya bahan baku, biaya produksi, biaya operasional, dan margin laba yang diinginkan oleh restoran. Harga yang ditawarkan oleh Restoran Sagoo Kitchen untuk produk makanan dan minuman berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 32.500 per porsi.

3.      Promosi (promotion)
Kegiataan promosi yang dilakukan oleh Restoran Sagoo Kitchen dilakukan hanya pada awal berdirinya restoran. Promosi dilakukan dengan memberikan produk minuman es secara gratis dengan ketentuan tiap pembelian minimum sebesar Rp. 50.000 maka akan mendapatkan seporsi es Posko dan tiap pembelian minimum Rp. 100.000 akan mendapatkan seporsi es campur malaka.

4.      Tempat (place)
Restoran Sagoo Kitchen berada di lantai dasar agar  terlihat oleh pengunjung dengan baik dan dapat dijangkau dengan mudah oleh konsumen. Selain itu, Restoran Sagoo Kitchen yang berada di lantai dasar, dimana lantai dasar ini sering digunakan untuk berbagai event dan berbagai bazar maka letaknya yang berhadapan dengan kawasan bazar membuat banyak pengunjung mall yang pada mulanya datang untuk mengunjungi event/bazar tersebut, tertarik juga untuk datang ke restoran ini.

5.      Orang (people)
Restoran Sagoo Kitchen selalu mengedepankan pelayanan untuk konsumen karena erat kaitannya dengan kepuasan konsumen. Untuk itu, pihak manajemen restoran selalu berupaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja karyawan. Karyawan diharuskan untuk bersikap ramah dan menyenangkan dalam melayani konsumen. Bertindak dengan cepat dalam memenuhi kebutuhan pesanan konsumen. Selain itu, pihak restoran juga telah mempersiapkan pramusaji dengan seragam yang disesuaikan dengan konsep restoran salah satunya yaitu menggunakan seragam batik pada hari jumat dan minggu.

6.      Proses (process)
Kegiatan pelayanan mencakup kecepatan penyajian, kesigapan pelayan atau pramusaji dan proses transaksi. Ketika konsumen datang, pramusaji mengantarkan konsumen ke tempat duduk dan memberikan daftar menu. Selanjutnya pramusaji mencatat pesanan menu dan akan diberikan ke divisi belakang. Di divisi belakang, butcher memberikan komando terhadap menu yang harus dimasak kepada chef dan minuman yang harus dibuat kepada pantry. Kemudian ketika semua pesanan sudah siap, maka pesanan tersebut diantarkan kepada konsumen, lalu setelah menyantap makanan, kasir bertugas mengurus transaksi pembayaran.

7.      Bukti Fisik (physical evidence)
Restoran Sagoo Kitchen merupakan restoran yang menghadirkan suasana dan keunikan tempo dulu di era modern ini. Oleh sebab itu, penataan desain eksterior dan interior restoran disesuaikan dengan konsep ini. Penataan eksterior yang menampilkan kedai kopi tempo dulu serta memajang aneka perabotan dan barang-barang tempo dulu di pintu masuk sarat akan suasana tempo dulu yang mungkin dirindukan oleh banyak konsumen. Begitu pula dengan desain interior yang dibuat agar suasana berkesan nyaman namun dapat mengingatkan konsumen
akan kenangan-kenangan tempo dulu.  Keunikan lain yang ada di restoran ini yaitu alunan musik yang diperdengarkan kepada konsumen. Musik yang diputar pada restoran ini memang disesuaikan dengan konsep restoran, yaitu musik-musik tradisional dan beberapa lagu tradisional Cina. Selain itu, disediakan juga satu wastafel di pojok tengah ruangan untuk konsumen.

·         Faktor  yang menyebab seseorang memilih Sagoo kitchen 
karena tema yang diberikan mengingatkan akan jaman dulu sehingga banyak masyarakat yang mengunjungi segoo kitchen bukan hanya mencicipi berbagai menu tetapi juga untuk bernostalgia ke tempo dulu,dan didukung juga dengan berbagai macam mainan khas tempo dulu,serta pernak perniknya yang khas sehingga pengunjung yang datang ke tempat itu bisa bernostalgia di resto tersebut

·         Faktor yang membuat produk tersebut terkenal
Nasi Goreng Tempo Doeloe di Sagoo Kitchen merupakan menu best seller karena rasanya yang memang enak dan membuat sang pemilik bisa bernostalgia dengan kenangan masa lalu. Warnanya cokelat kehitaman yang menandakan jika nasi goreng ini mirip nasi goreng kampung dengan dominasi kecap manis ketimbang saus ataupun cabai sebagai bumbu. Aroma bakar dan bawang goreng yang gurih dan tampilan unik. Tak lupa, menambahkan ebi goreng, sumpia isi abon udang, dan irisan telur dadar. Rasanya benar-benar gurih dengan sedikit rasa manis kecap ditambah renyahnya ebi dan sumpiah.

·         Fakor Fasilitas
Faktor yang membuat pengunjung betah untuk datang ke caffe ini adalah suasana yang dibuat oleh sipemiliknya seperti jaman dulu,berbagai macam pernak-pernik kuno atau perlengkapan jaman dulu yang berada di caffe sago kitchen bisa terlihat juga baskom-bsakom seng jaman dulu ,handul,termos seng,sangkar burung dan lain-lain,masing-masing dengan coraknya yang khas yang merupakan barang yang umum pada era dahulu.banyak pengunjung yang tertarik memborong berbagai pernak-pernik peralatan rumah tangga jaman dulu,seperti baskom seng dan lain-lain.mungkin dorongan hati untuk memiliki kembali kenangan masa lalu yang indah,karena barang-barang tempo ini memang sebagian besar sulit dicari dipasaran sekarang karena ini sudah dianggap ketinggalan jama atau kuno.

·         Faktor Gaya hidup
Dikarenakan Aktivitas masyarakat perkotaan yang padat menyebabkan mereka tidak mempunyai banyak waktu untuk menyiapkan makanan di rumah sehingga menimbulkan suatu kebiasaan baru yaitu makan di luar rumah yang dianggap lebih praktis.kebanyakan masyarakat yang memilih rumah makan yang menyediakan makanan rumahan,tapi yang membuatnya berbeda adalah karena suasana yang tidak akan didapat jika makan dirumah


BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
1.      Tahapan proses keputusan pembelian konsumen Restoran Sagoo Kitchen terdiri dari tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan hasil pembelian.
·         Pada tahap pengenalan kebutuhan, intensitas konsumen untuk makan di luar sebanyak 1-3 kali dalam seminggu, alasan/motivasi konsumen untuk makan di luar adalah mencari menu yang khas/unik dan manfaat yang dicari konsumen dari kegiatan makan di luar rumah adalah sebagai makanan utama.
·         Pada tahap pencarian informasi, konsumen mendapatkan informasi mengenai keberadaan tempat makan dari teman/kenalan dan yang menjadi fokus perhatian dari informasi yang diperoleh yaitu rasa makanan. Serta pengaruh promosi membuat konsumen merasa tertarik untuk mengunjungi tempat makan dan bentuk promosi yang paling diminati adalah potongan harga.
·         Pada tahap evaluasi alternatif, atribut yang menjadi pertimbangan awal konsumen saat akan mengunjungi suatu restoran yaitu suasana restoran yang nyaman, sedangkan atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Restoran Sagoo Kitchen adalah suasana restoran yang nyaman dan unik.
·         Pada tahap pembelian, konsumen melakukan pembelian karena pengaruh teman, cara memutuskan pembelian mendadak, frekuensi pembelian satu kali dalam sebulan, hari kunjungan tidak tentu dan waktu kunjungan sore hari. Pada tahap hasil pembelian yaitu konsumen merasa puas dan berminat untuk mengunjungi Restoran Sagoo Kitchen kembali.
2.      Berdasarkan hasil perhitungan Customer Satisfaction Index, yang menunjukkan bahwa secara umum konsumen menyatakan puas terhadap Restoran Sagoo Kitchen.
3.      Bauran pemasaran yang dapat dilakukan untuk bauran produk adalah mempertahankan kinerja kehigienisan makanan dan perlengkapan makan dan tampilan dari penyajian makanan dan minuman, serta memperbaiki cita rasa makanan dan minuman dengan memperbaiki takaran bumbu dan bahan-bahan yang digunakan. Alternatif harga dapat dilakukan dengan menyesuaikan harga dengan kualitas produk dan jasa yang diberikan. Alternatif bauran pemasaran lain yang dapat dilakukan adalah dengan menambah satu orang pramusaji untuk meningkatkan kinerja kesigapan pramusaji, melakukan perbaikan terhadap posisi papan nama agar terlihat lebih mencolok dan menyesuaikan pemutaran alunan musik dengan kegiatan yang ada di hall, depan restoran. untuk positioning adalah restoran dengan konsep suasana tempo dulu yang menyediakan makanan rumah tradisional.

3.2 Saran
1.      Pihak Restoran Sagoo Kitchen sebaiknya terus melakukan inovasi dan perbaikan produk sesuai selera dan keinginan konsumen.
2.      Pihak Restoran Sagoo Kitchen dapat melakukan strategi promosi dengan pemberian kupon potongan harga, paket promosi atau voucher gratis untuk pengunjung baru. Hal ini perlu dilakukan untuk menarik pengunjung terutama di waktu-waktu seperti siang dan malam hari pada hari kerja, serta untuk mendapatkan calon pelanggan baru.
3.       Pihak Restoran Sagoo Kitchen sebaiknya melakukan recruitment untuk posisi pramusaji dengan sistem part time khusus untuk hari libur/weekend dan lebih menekankan pramusaji untuk lebih sigap, cepat dan disiplin dalam melayani konsumen
4.      hak Restoran Sagoo Kitchen sebaiknya melakukan riset konsumen secara
berkala agar dapat terus memperbaiki performa produk maupun pelayanannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar