viewers

Sabtu, 08 Oktober 2011

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Sejak kita duduk dibangku sekolah dasar kita sudah mengetahui bahwa manusia merupakan mahluk sosial, manusia tidak akan bisa hidup sendiri dibelahan dunia manapun walaupun manusia tersebut sudah dibekali peralatan modern untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain manusia merupakan makhluk sosial, manusia juga merupakan makhluk ciptaan Tuhan yg paling sempurna karena manusia diberi akal untuk dapat berpikir mana yg baik dan mana yg buruk.

Manusia juga makhluk yg pasti saja mempunyai kebudayaan ditiap daerah tempat dimana mereka tinggal. Kebudayaan itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu ide atau gagasan hasil karya dari sekelompok manusia yg dapat dijadikan pengetahuan, kebiasaan, kepercayaan, kesenian, nilai hukum, maupun nilai moral didalam suatu kelompok tertentu,  dimana setiap daerah memiliki perbedaaan kebudayaan yg patut dihargai dan dihormati satu sama lain. Kebudayaan sebenarnya bersifat abstrak, sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.

Kita semua mengetahui banyak sekali kebudayaan-kebudayaan di negara kita ini yg menyerap dari kebudayaan luar, ada yg bermanfaat dan ada pula yg tidak bermanfaat, namun tidak semua kebudayaan dapat atau mudah diterima oleh masyarakat, ada beberapa faktor yg mempengaruhi diterima dan tidaknya suatu unsur kebudayaan yg baru.  Seperti kurang/terbatasnya komunikasi diantara masyarakat kita, perbedaan pandangan hidup dan nilai-nilai yg dominan dalam suatu kebudayaan, dapat juga karena corak struktur sosial masyarakat, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar