viewers

Kamis, 20 Oktober 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Penderitaan berasal dari kata derita yg artinya menahan/menanggung, maka penderitaan dapat diartikan sebagai menaggung/merasakan sesuatu yg tidak menyenangkan atau tidak diharapkan. Penderitaan dapat berupa penderitaan lahir dan batin.
Penderitaan pasti pernah dirasakan oleh semua orang, hal itu sudah menjadi resiko dalam hidup karna Tuhan memberikan kesenangan/kebahagiaan pada umatnya tetapi pasti juga memberikan penderitaan/kesedihan dalam hidup dengan maksud agar umatnya dapat selalu bersyukur kepada-Nya.
Bagi manusia yg kuat imannya, maka musibah atau penderitaan yg dialaminya akan cepat dapat menyadarkan dirinya untuk bertaubat atau untuk introspeksi diri.

            Sebab-sebab penderitaan manusia ada 2, yaitu penderitaan yg timbul akibat perbuatan buruk manusia dan penderitaan yg timbul akibat penyakit, siksaan/azab Tuhan. Siksaan itu sendiri ada 2, yaitu siksaan jasmani dan rohani, akibat siksaan timbullah penderitaan.

            Setiap manusia pasti mengalami penderitaan baik itu penderitaan yg berat maupun ringan, penderitaan adalah bagian kehidupan manusia yg bersifat kodrati, oleh karena itu manusia harus dapat berusaha mengurangi penderitaan semaksimal mungkin, menghindari atau bahkan menghilangkan sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar